Keliling Vietnam - Ho Chi Minh City (Part-1)




Morning… hari pertama di negerinya Paman Ho tapi sebelum mulai menjelajah wajib ngisi perut dulu, mumpung dari hotel udh include breakfast. Jam 7 tet turun ke restoran mininya (tepatnya ruang makan). Menunya buah (pisang + semangka), roti + selay stoberry, nasi goreng + telor mata sapi, soup (kayak asparagus gitu), lagi-lagi ada Pho, dan beberapa cake. Breakfastnya memang sederhana tapi lumayan untuk mengganjal perut apalagi untuk hotel seharga 80rb doang. 
Breakfast di Hotel
Hari pertama dimulai dengan jalan  berlima (Army, Didien, Evi, Suci, & Merlin) plus ketambahan mba cantik asli Vitenam sono NengTram. Neng Tram ini dengan baik hati mau mengantar kami keliling HCHM seharian. Setelah ketemuan kita langsung mulai menjejakkan kaki satu per satu ke tempat “must visited” kalo di HCHM. Karena kita tinggalnya di Distrik 1 (tengah kota) so kemana-mana tinggal jalan kaki aja. Berikut beberapa tempat yang sempat kami datangin.

1.      Independence Palace
Independence Palace merupakan museum yang menjadi icon kota HCHM. Gedung ini merupakan saksi bisu Perang Vietnam ditahun 1975. Setelah perang berakhir Vietnam Utara dan Vietnam Selatansepakat untuk membentuk pemerintahan bersama di tempat ini karena itu gedung ini juga disebut Reunification Palace. Untuk masuk ketempat ini harus membayar tiket sebesar 30.000 VND per orangnya, tapi kalo masuknya rombongan akan ada harga khusus.
Tiket masuk
Independence Palace
Ruang meeting kali ya...
tempat pertemuan mungkin ^_^
kayaknya sih Ruang Makan
Helikopter yang dipakai jaman dulu
Ada bioskopnya juga coy
Penampakan dari atas gedung

Didepan gedung ini terdapat taman dengan rumput hijaunya yang sangat luas dan tengah-tengahnya ada air mancur mini bikin adem ngeliatnya. Disebelah kanan bangunan ini terdapat replika tank buat perang mungkin untuk memperjelas sejarah dibalik bangunan ini. Bukan hanya halaman yang luas tapi bangunannya juga sangat luas dan terdiri dari 6 lantai yang punya kisahnya masing-masing. Mungkin untuk pecinta sejarah lebih baik nyewa guide untuk menerangkan tempat ini satu per satu dan kemungkinan bisa menghabiskan waktu seharian disini. Tapi berhubung masih banyak tempat yang harus kami datangi so tidak semua lantai kami masukin.

2.      Gereja Katedral Notre-Dam
Dari Independence Palace hanya perlu berjalan beberapa meter melewati taman kota untuk sampai di gedung Notre-Dam yang terletak di Han Thuyen Street. Dari luar bangunan yang didominasi warna coklat bata  ini sudah tampak begitu megah danklasik jadi penasaran pengen tau didalamnya sebagus apa. Sayangnya kita gak sempat masuk kedalam gedung jadi hanya bisa motret bagian luarnya saja. Di depan gedung berdiri dengan kokoh patung dari Bunda Maria yang dikelilingi beberapa taman dan biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong.Memang kota ini kecil tapi yang menyenangkan karena banyak tedapat taman-taman buat nongkrong cantik. Itu kenapa tempat ini selalu ramai dan rada susah kalo mau foto tanpa orang-orang.





3.      Saigon Central Post Office
Berseberangan dengan Notre-Dam terdapat gedung yang gak kalah uniknya karena dirancang oleh arsitek terkenal Gustave Eiffel. Gedung bergaya eropa dari jaman abad 19 ini yang didominasi oleh warna kuning masih tampak kokoh dari luar.  Sampai sekarang masih digunakan sebagai kantor pos untuk mengirimkan surat dan paketan. Saat masuk kedalam arsitektur bangunanya tampak begitu menawan. Dibeberapa dinding dihiasi oleh lukisan peta Vietnam Selatan dan Kamboja. Di kiri kanan ada semacam lemari besar yang di atasnya tedapat jam-jam di beberapa tempat di dunia seperti Washington, Paris, California, Canberra, dan  Londo. Uniknya lemari ini yang berukuran mini masih difungsikan sebagai tempat mesin atm dimana orang-orang bisa menarik uang di tempat ini.
Post Office di seberang Notre -Dam
Post Office
Bagian Dalam
Mesin ATM sekecil itu

4.      Bitexco – Saigon Skydex
Ini merupakan bangunan tertinggi di HCHM, biasanya orang naik ke atas tower untuk melihat penampakan kota HCHM dari ketinggian. Di gedung ini juga terdapat perkantroan dan mall. Kita kesini sih tujuannya buat beli baju Giordano tulisan I love VN yang lagi promo daripada beli di pasaran kan. Mungkin buat teman-teman yang punya waktu lebih bisa di agendakan ketempat ini malam hari jadi bisa liat keadaan kota HCHM kalo malam hari gimana. Katanya sih dari tempat ini juga bisa melihat Saigon river yang kalo malam hari dipenuhi lampu-lampu.
Gak sempat moto jadi ambil dari google

Baru keliling beberapa tempat, gak kerasa perutnya udah kruyuk-kruyuk aja. So, sebelum melanjutkan eksplore tempat lain, kita mutusin untuk nyari makan dulu. Neng Tram yang nganterin kita kayaknya udah gak kuat jalan so dia nawarin kita untuk naik uber. Naik uber diisi orang 6 hanya bayar 24ribu Dong (gak sampe 15 rb) murcee banget… Sampailah kita di PHO 24 yuhu lagi-lagi makan Pho, tiada hari tanpa Pho. Seporsi Pho dihargai 60ribu Dong udah dapat bonus Cola. Selesai makan kita lanjutkan perjalanan menuju ke salah satu masjid tertua di HCHM sekalian nganter temen-temen yang mau sholat.

 
Lagi-lagi PHo
Pho 24






 “A journey is best measured in friends, rather than miles.”




0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo