Menjejakkan kaki di Vietnam (Bandara Tan Son Nhat)




Vietnam menjadi Negara pertama tempat menJEJAKkan kaki ditrip seminggu ini. Sebenarnya gak tau juga hal menarik apa yang bisa saya eksplore di Negara Komunis ini, yang saya tahu hanya terowongan Chu Chi yang hits itu selain karena mata uangnya lebih murah dikit dari rupiah. Selain itu pas googling kebanyakan baca cerita soal scam di negara ini yang bikin sedikit parno juga. Tapi karena kebetulan dapat tiket promo (gak promo2 amat pp 450rb) jadi Vietnam akhirnya masuk dalam list. Kadang-kadang memang tiket promolah yang membawa kita pada sebuah destinasi tertentu diluar perencanaan. 

Saat menunggu di gate L KLIA2 tiba-tiba didatangin oleh cewe cantik yang ngomong dalam bahasa yang sama sekali gak ngerti, sambil plongoan saya jawab “Sorry I don’t understand”. Pas denger jawaban saya dia langsung kaget lalu say sorry sambil jelasin kalo dia mikir saya orang Vietnam. What?? Item gini dibilang Vietnam?? Hahaha hanya bisa ngakak dalam hati sambil kedip-kedip.
Bandara Tan Son Nhat
Pesawat Air Asia membawa saya dari KLIA2 menuju ke bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City (HCHM). Setelah mengalamai turbulensi yang lumayan plus pesawat yang muter-muter lama banget sebelum landing akhirnya jam 4 sore (jam disini lebih cepat 1 jam dari Indonesia) pesawat landing dengan selamat. Setelah keluar dari imigrasi tanpa kendala dan pertanyaan macem-macem, saya lalu mampir menukarkan duit di money changer tepat di sebelah kanan setelah imigrasi. Memang sengaja gak nukar duit di Indonesia karena sangat jarang money changer yang menyediakan mata uang Dong selain karena kursnya juga mahal. Sempat tanya dan kursnya 1 rupiah untuk 1 Dong. Padahal saat saya tukar di bandara saya dapet nilai tuakr 0.6. Dengan modal $50 saya siap eksplore HCHM. Temen-temen yang lain juga ada yang memilih bermodalkan atm untuk menarik uang disana. 
Duit Vietnam

Dari bandara transportasi menuju ke tengah kota ada 3 jenis:
1.      Taxi transportasi yang paling mudah ditemukan karena tepat berada di depan pintu keluar. Memang lebih cepat dan gak ribet tapi harganya lebih mahal sekitar 250.000 VND (Taksi yang rekomended Mai Linh Taxi atau Vinasun Taxi).
Taxi Vinasun (Doc: google)
2.      Bus bandara merupakan transportasi yang murah meriah dan paling rekomended buat backpacker. Bus hanya melewati jalan besar saja dan berakhir di Terminal Ben Than  dekatnya Ben Than Market. Waktu itu saya naik bus no 152 per orangnya cukup membayar 5000 VND (3 ribu perak doang, lebih murah dari bus bandara Juanda :p). Bus ini berada di sebelah kanan pintu keluar dari bandara. Beli karcisnya pas di atas bus tinggal ngasih duit ke supir nanti kita di kasih print-an tiket.
3.      Ojek (Xe Om), merupakan transportasi yang umum di Vietnam tapi tidak saya rekomendasikan. Selain karena komunikasi yang susah karena gak semua tukang ojek pinter bahasa Inggris, kita juga kudu pinter nawar kalo mau dapat harga yang lebih murah. Tapi kalo mau nyoba ya monggo kali aja dapet ojek cantik akayk dibawah ini.
 
Ojek / Xe Om (Doc. Google)

Udah duduk manis di atas bus, pas keluar dari bandara ehh udah mendung aja dan mulai gerimis. Pas lagi merhatiin jalan baru sadar kalo ternyata di Negara ini kendaraan melaju di sebelah kanan berbeda dengan Indonesia. Dan yang paling mengagumkan adalah motor-motor disini pada jago motong jalan dan berkelok sana sini. Gak heran sepanjang jalanan saut-sautan klakson dari motor dan mobil gak ada hentinya. Emang sudah baca sih katanya di tempat ini rada susah untuk menyeberang karena motornya bejibun dan main nyelonong sana sini. Beberapa kali melihat 1 motor yang berisi 3 sampai 4 orang. Masya ampun.. polisi disini pada kemana ya? Atau emang diijinin kali ya menjejali motor semaksimal mungkin. Mana helm mereka masih pake batok kepala (bukan helm standar).
 
Hoang Lien Hotel (Doc: Google)
Dari bandara ke tempat perhentian terakhir ternyata tidak terlalu jauh hanya sekitar 30 menitan. Sengaja turun di Ben Thanh Terminal biar sekalian liat Ben Thanh Market, lagian hotel tempat menginap (baca: Hoang Lien Hotel) juga di daerah Ben Thanh jadi dari terminal tinggal jalan aja ke Hotel. Sampai di Hotel ternyata pasport kudu dititipin buat jadi jaminan, sempet was-was juga tapi katanya semua penginapan di tempat ini juga memakai pasport sebagai jaminan. Bagus juga sih dititipin mereka biar paspornya aman. 
Penampakan kamar hotel...
Selesai liat kamarnya dan naruh barang, saya langsung turun ke bawah lagi nanyain dimana saya bisa service hp yang lagi ngambek ini. Awalnya sih mau minta tolong sama orang di resepsionisnya, karena takut kena scam atau di tipu-tipu. Tapi pas diomongin kalo kudu bayar 150.000 VND meskipun gak bisa diperbaiki, akhirnya mengurungkan niat juga. Mending nyari sendiri deh. Hanya pake feeling saja jalan tanpa arah dan tujuan. Eh tiba-tiba liat di pojokan ada outlet HP yang rada besar. Gambling aja coba masuk ke dalam pas liat sempat ragu juga bisa gak ya soalnya kok kayaknya hanya jual hp. Pas nanyain pake English, ehh SPGnya gak ngarti. Jadilah saya dioper sana sini sampai akhirnya saya ketemu kayak manager tokonya kali yang lumayan jago English dan akhirnya ngerti niat dan tujuan saya datang ketoko mereka. 

To cut long story short, setelah percakapan yang alot karena sana gak ngarti sini juga gak ngerti akhirnya hp saya bisa diperbaiki juga meskipun semua data hilang. Thanks to bule yang kebenaran juga ada disana jadi bisa nolong saya terjemahin apa yang saya mau ke mas-mas  outlet itu. Hp hidup lagi, tinggal bayar nih. Entah mengapa yang awalnya bilang 150.000 VND dia potongn jadi 100.000 VND aja. Mungkin karena dia gak berhasil mengembalikan data-data hp saya. Padahal dalam hati HP bisa nyala aja udah syukur banget dah. 
So crowded, saking ngebutnya sampe blur gini...
Hp udah balik normal, mendadak kaki ini gatel buat jalan-jalan. So, selesai mandi langsung cabut dari hotel lagi. Meski sudah malam HCHM tetep ramai. Jalanan masih dipenuhi oleh motor-motor. Gak heran memang karena transportasi dominan di Negara ini adalah motor. Mulai dari yang tua sampai muda pakai motor semua. Sering ketemu cewe-cewe cantik dengan kulit mulus dan make up eksotik dengan rok seksinya mengendarai motor dengan begitu pede. Beda jauh sama Indonesia hahaha mana bisa ketemu kayak gini di Indonesia. 
Banh Mi
Pas lagi jalan ketemu jajanan pinggir jalan tulisannya Banh Mi , karena penasaran pengen nyoba saya pesen 1 biji. Ternyata ini makanan non-halal kawan so yang gak bisa makan gak usah beli haahhaa. Tapi katanya sih ini “street food” paling enak di Vietnam. Roti yang diisi dengan beberapa jenis daging (chicken, beef, pork) dan sayuran yang dicampur dengan saus. Tapi karena ada daun mint (paling gak doyan) sekali gigit aroma minta langsung memenuhi mulut assss… Akhirnya hanya menghabiskan beberapa gigitan aja dan sisanya dibawa pulang. 
Deretan Makanan Halal

Jalan terus sampai di daerah Ben Thanh lalu cari makan disana. Salah satu makanan wajib kalo ke Vietnam adalah Pho yaitu makanan sejenis mie berwarna putih karena dari tepung beras dicampur dengan irisan daging dan sayuran dan bawang-bawangan lalu disiram dengan kuah berkaldu. Lagi-lagi daun mintnya gak ketinggalan, untung saja diletakkan terpisah jadi bisa dipinggirin. Yang nyari makanan halal tenang aja di sekitar Ben Thanh market banyak restorant halal punya orang Malaysia. Seporsi Pho dihargai 50rb VND dan secangkir es kopi seharga 15rb VND, murah kan… Perut kenyang, hati senang, kantuk pun tiba so waktunya pulang ke hotel sebelum memulai jejak kaki esok harinya. Entah tidur kayak apa, sampai besoknya bisa digepukin pedagang di Ben Thanh Market. 
Pho + kopi vietnam



 “Once a year go somewhere you have never been before"



2 comments:

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo