Hati-Hati Scam dalam bentuk Free Trial





Oke ini sebenarnya bagian gak penting dari pengalaman saya selama di Darwin. Sebenarnya gak pengen cerita tapi kali aja bisa jadi pelajaran buat yang lain. Jadi ceritanya berawal dari keanggotaan saya di salah satu supermarket di Darwin yaitu Wolies. Suatu hari saya menerima sebuah pesan atas nama supermarket tersebut dengan isi kira-kira sebagai berikut:
“Confirmed: Merliana, you have obtained this Woolworths gift card as a thank you”
Sebenarnya sudah beberapa kali menerima sms ginian tapi gak pernah saya hiraukan sampai entah kenapa pada hari itu saya iseng klik link yang ada. Setelah klik sana-sini masuklah saya pada halaman web yang berisi beberapa produk free trial yang bisa saya pilih as a gift.

Setelah liat-liat saya lalu mengklik salah satu produk kesehatan untuk rambut “Keranique” dan memang disana tulisannya free hanya perlu membayar ongkir saja sekitar $3 dollaran. Dan ini free trial jadi pikir saya nanti kalo udah coba dan gak cocok tinggal bilang gak cocok aja dan gak mau pakai produk itu lagi dan beres. Sebenarnya sudah sedikit curiga sih tapi saya pikir mungkin no tipu-tipu kalo di luar negeri lagian kalo bohong pun $3 AUD tidak begitu besar jadi ikhlas aja kalo lenyap. Nah bodohnya saya karena waktu membayar ongkor itu saya memakai kartu atm saya yang sekaligus bisa digunakan untuk kartu kredit.

Singkat cerita barang pun datang dan ternyata ada SnK tersembunyi yang berlaku. Jadi kalo saya tidak mengkonfirmasi bahwa saya tidak mau memakai produk ini lagi, maka dengan otomatis mereka akan mengirimkan produk selanjutnya setiap bulan dengan cost hampir $100 perpaketnya. Waktu itu saya masih santai saja karena pikir saya setelah pakai 2 minggu bakalan langsung bilang gak cocok jadi gak mau dikirimin produk selanjutnya. Tapi tidak sampa seminggu saya sudah langsung menelfon ke CS-nya bilang kalo saya gak cocok sama produknya dan memang produk ini bikin rambut saya tambah kering. Setelah perdebatan yang cukup alot karena si CS gak mau customernya kabur, akhirnya dia mau memproses cancel produk saya dengan berbagai macam syarat seperti barang harus dikirim kembali selambat-lambatnya dalam 2 minggu. Kalo nggak maka mereka akan memotong biaya produk itu dari kartu saya. Setelah menerima email konfirmasi cancelation dan return instruction, saya langsung mengirim kembali barang mereka.

Nah karena sudah sibuk kerja saya sudah tidak menghiraukan lagi soal produk tersebut sampai suatu hari saya shock karena tiba-tiba dari rekening saya ada transaksi $59.90 atas nama Keranique. Saya langsung naik darah dong, orang saya sudah terima email konfirmasi kalo mereka gak bakalan mengenakan biaya apapun dari saya. Memang duitnya gak seberapa sih tapi kesel aja mereka main potong-potong sembarangan dan saya gak ikhlas uang saya diambil begitu saja. Lagian kalo tidak saya bereskan sekarang bisa saja mereka bakalan terus mengambil uang saya tiap bulannya.  Saya lalu mencoba menelpon CS-nya tapi persis seperti marketing pada umumnya kalo sudah kayak gini pasti gak bisa dihubungin.

Karena gak sabaran saya langsung menelpon ke Bank. Nah keajaiban terjadi pas nelpon NAB bank ini. Ceritanya saya sudah keringat dingin gak tau mau jelasin gimana secara English saya amburadul. Pas udah ngomong sama abang CS bank lalu mengkonfirmasi nama dan tanggal lahir saya. Abis nyebutin nama “Merliana Paulus Abung” tiba-tiba cowo diseberang telpon pakai bahwa Indonesia kira-kira seperti ini: “Ah maaf kalo boleh saya bantu pakai bahasa Indonesia aja”. Langsung shock dong saya, gimana ceritanya tiba-tiba si bule di seberang sana bisa bahasa Indonesiaan. Karena kepo saya langsung tanya dong kok bisa bahasa Indonesia? Kenapa bisa tahu saya orang Indonesia? Sebenarnya pengen tanya status dia juga apa, kali aja ada kesempatan buat saya jadi PR juga lol. Eh tau-taunya ternyata dia orang Indonesia tapi besar di Perth sodara-sodara. Si masnya pun bilang tahu saya oeang Indonesia dari nama saya yang pake “Paulus” (terima kasih papak sudah kasih nama itu ^_^).  Puji Tuhan ya, selalu gak ada yang kebetulan. Yeah you knowlah disetiap hal buruk yang terjadi pasti ada hal yang bisa disyukurin. Gak pernah abis pikir gimana bisa diantara ratusan CS bank kok kebenaran dapat orang Indonesia.

Singkat cerita setelah memaparkan semua permasalahan saya si masnya dengan sabar bantuin untuk mengurus dan memberikan solusi terbaik. Ah beruntungnya dapat CS orang Indonesia jadi bisa dibantuin sampe tuntas. Kartu saya bakalan diganti untuk memastikan Keranique gak bakalan nyolong duit saya lagi. Si masnya gak menjanjikan uang saya bakalan kembali tapi dia bilang dia bakalan bantu laporin si Keranique ini karena ternyata memang sudah ada banyak korban-korban sebelumnya yang ngelapor. Nah terbukti kan bukan saya doang yang oon, tapi ada banyak yang ketipu juga.

Setelah menutup telpon saya langsung menerima sms untuk mengirimkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Keranique telah mengambil duit saya tanpa seijin saya. Setelah meng-screeshoot email-email dari Keranique saya langsung meng-email ke CS bank. Gak kepikiran bahwa duit saya bakalan kembali yang penting mereka di block aja udah cukup. Eh tau-taunya beberapa minggu setelah ituduit saya di kembalikan gaes. Asikk I love my bank, I love NAB. Mereka fair enough untuk kasus saya.


Jadi begitulah kisah konyol saya, dan semoga gak kejadian sama kalian ya gaes. Semoga kalian lebih pintar dari saya untuk tidak jatuh pada jebakan-jebakan marketing jaman now. Jangan mudah tergiur sama yang free-free. 
Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo