NGEMPER DI KLIA




Untuk backpacker pemula seperti saya ngemper di bandara merupakan salah satu pengalaman yang dinanti-nanti. Harap-harap cemas bakalan dapat surprise apa lagi kali ini. Kalo sebelumnya ngemper di Changi Airport dengan segudang fasilitas yang menyenangkan, kali ini nyoba ngemper di KLIA untuk pertama kali. Anyway dokumentasi di bandara ini sangat minim karena sebelum take off dari Juanda airport hp andalan tiba-tiba rusak dan gak bisa login sama sekali. Pelajaran: Bawa hp lebih dari 1 kalo trip plus bawa kamera sebagai cadangan. 

Selama dipesawat mikirin harus gimana kalo landing. Apa di KLIA  ada fasilitas internet gratis seperti di Changi buat nyari informasi? Terus harus tidur dimana? Ujung-ujungnya hanya bisa berdoa semoga bisa ketemu orang Indonesia yang bawa laptop buat nebeng perbaikin hp. Dan banyak hal lain yang saya kuatirkan sampai gak sadar akhirnya tertidur. 
Tuntutan bagasi cuy.....
Jam menunjukkan jam 12 malam saat kami mendarat di KLIA. Memasuki gedung bandara tujuan pertama saya adalah mencari toilet. Saat melewati toilet saya menemukan water tap gratis. Minum sebotol penuh, rasa segarnya membuat mata melek 100 %. Setelah mengisi botol sampai full saya lalu mengikuti kemana orang-orang melangkah. Sambil memperhatikan papan penunjuk yang bahasa lumayan lucu menurut saya. Terminal kedatangannya ternyata lumayan jauh juga. Bingung antara mau keluar imigrasi atau gak usah, tapi pas ketemu orang Indonesia akhirnya mutusin untuk ikut keluar imigrasi.
 
Salah satu water tap yang menyediakan hot water
Sesampai di imigrasi ada 3 pilihan tempat, foreigner, malayisan resident, atau ASEAN. Tapi karena di ASEAN udah panjang banget antriannya jadi saya ikut antrian foreigner. Waktu ngobrol sama WNI ini dia cerita kalo biasanya orang Indonesia agak dipersulit dan ditanyain macem-macem. Waduh sempat bikin keder juga, tapi berusaha tetap tenang. Sesampai di petugas imigrasi, saya menyerahkan pasport dan petugasnya memeriksa pasport dan sesekali melirik mata saya memastikan saya beneran yang ada di pasport. Setelah scan jari lalu di suru pergi. Leh…. Gitu doang? Padahal tadi udah mempersiapkan segala macam jawaban kalo misalnya ditanyain macem-macem.

Keluar dari imigrasi saya bersama WNI tadi mencari tempat duduk karena dia bawa laptop jadi mau bantuin buat restart hpku. Di bandara ini tersedia wifi gratis tapi gak ada komputer so gunakan gadget masing-masing untuk online. Keluar ke tempat pengambilan bagasi kami melihat ada kursi kosong yang bisa ditempati untuk nongkrong sekaligus tidur. Ya disana sudah ada 4 wanita-wanita cantik yang lebih dulu terlelap dari kami. Setelah beberapa jam mencoba berbagai cara sesuai instruksi google, tetap saja hp saya tak tertolong. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari jalan masing-masing untuk menemukan spot tidur yang nyaman. 
Di kiri kanan sebelum gerbang ini juga di tempatin orang tidur

Saat berkeliling hampir semua spot untuk tidur sudah terisi oleh pelancong yang lain. Nyesel juga keluar dari area pengambilan bagasi. Selain kursinya dari besi tanpa busa, disini juga ACnya lebih dingin. Beberapa orang kelihatan tidur di lantai entah kulitnya terbuat dari apa sehinga tak merasakan dinginnya lantai marmer. Setelah berkeliling akhirnya saya memilih tidur di kursi 7level. Namun hanya bisa terpejam beberapa saat karena kedinginan dan memilih keluar dari bandara sekedar menormalkan suhu badan kembali. So kalo berencana tidur di bandara sebaiknya bawa jaket atau selimut tipis untuk menghangatkan badan.


Waktu transit pertama kali belum tau dan gak nemu spot yang tepat untuk tidur secara KLIA luas banget. Tapi setelah beberapa kali transit akhirnya tahu tempat paling nyaman untuk tidur adalah di  KLIA 2. Salah satu spot yang banyak digunakan orang-orang ada di dekat pengambilan bagasi yang ada karpetnya (tapi rada kotor). Bisa juga di luar sebelum masuk di imigrasi ada beberapa orang yang tidur dilantai. Setelah imigrasi sekitar Gate P & Q ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat tidur selonjoran tapi hanya beberapa biji. 

Salah satu spot favorit
Paling enak jika sudah tahu gate penerbangan kita karena di area tersebut lantainya ditutupin karpet jadi bisa tidur ngemper seperti para traveller lain. Tapi berhubung karpetnya kotor saya memilih tidur di kursi dengan posisi yang kurang nyaman. Yang pasti terdapat banyak spot buat tidur, hanya perlu berkeliling aja untuk tahu spot mana yang sesuai selera kalian. Gak perlu malu karena bejibun traveler dari penjuru dunia juga tidur ngemper di bandara ini. Percayalah setelah ngemper di bandara kalian akan menyadari betapa berharganya tempat tidur kalian dirumah. Untuk colokan listrik tidak semua tempat ada colokannya hanya spot-spot tertentu saja jadi kudu milih mau tidur atau ngecharge hp. Kalo laper tenang aja disekeliling tempat ini banyak tenan yang berjualan tinggal pintar-pintarnya aja nyari yang murah. Kalo mau aman dengan harga yang standar ya beli di KFC atau makan cepat saji lainnya. 


Traveling dapat membuatmu mengerti arti “rumah” yang sesungguhnya.




6 comments:

  1. Good writing..
    pengen nyoba sekali-kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir. Monggo di coba biar dpt pengalaman baru

      Delete
  2. asyik juga ya ngemper di bandara..hmm boleh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin kuat ngemper?? Biasanya kan hotelan 😝😝😝

      Delete
  3. Qta boleh tidur di t4 pengambilan bagasi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya di pengambilan bagasi gk ada area buat tidur. Keluar dr pengambilan barang bru bebas bisa nyari spot buat tidur.

      Delete

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo