Keliling Vietnam - Ho Chi Minh City (Part-2)




Oke sebelumnya udah pada baca "Part 1"? Kalo belum, baca dulu biar ngerti jalan ceritanya. Sebelumnya udah nulis 4 tempat yang didatangin (Independence Palace, Notre-Dam, Post Office dan Saigon Skydex)  nah ini lanjut  ke tempat selanjutnya.

1.      Saigon Central Mosque
Masjid yang berlokasi di Dong Du Street ini merupakan salah satu bangunan tua juga. Tapi jangan salah meskipun udah tua, tapi tetap terawat sampai sekarang. Masjid ini merupakan yang terbesar di HCHM tidak heran jika tampak begitu megah dari luar. Bukan hanya orang Vietnam yang kesini tapi tampak juga beberapa orang Pakistan, Malaysia dan India yang datang ke tempat ini untuk sholat. 
Bagian Depan Saigon Central Mosque
Yang unik dari tempat ini adalah tempat wuduh untuk pria yang terbuat dari kolam segi empat yang cukup besar tepat berada di sebelah kanan. Nah kalo udah disini, kawan juga bisa mencari makanan halal yang berjejer disekitar masjid.Sambil nunggu temen yang lain pada sholat saya dan neng Tram nungguin di depan saja sekalian nebeng ngecahrge. Selain utuk tempat ibadah masjid ini juga sudah masuk dalam salah satu list objek wisata dan terbuka untuk non-muslim juga tapi ahrus mengikuti aturan disana.
Tempat wuduh berupa kolam di sebelah kanan
Bagian dalam Masjid
2.      Saigon Opera House
Bangunan ini juga masuk dalam deretan bangunan klasik yang ada di HCHM. Melihat bentuknya dari depan kita bisa menebak kalo gedung ini dirancang dengan gaya arsitektur ala Perancis. Biasanya digunakan sebagai tempat teater atau pertunjukan seni lainnya. Salah satu pertunjukan andalannya yaitu AO Show dan terpampang dengan jelas di depan gedung ini. Pas kita kesana lagi ada renovasi dan memang tidak berniat untuk masuk kedalam, jadi kita hanya jepret-jepret depan gedungnya aja.
Saigon Opera House
Jadwal Show
Bangunan sekitar Opera house
Numpang selfie

3.      Ho Chi Minh City Hall
Gak jauh dari Saigon Opera House lagi-lagi ktia akan menemukan sebuah gedung yang gak kalah megahnya yaitu Hotel de Ville Saigon atau yang sekarang disebut City Hall. Karena bagian dalam gedung ini tidak bisa dimasuki sembarangan, so kita eksplore bagian luarnya aja . Ketemu taman lagi dengan halaman yang sangat luas  dan ditengah-tengahnya ada patung dari Paman Ho. Kalo ke Vietnam kudu foto sama patung Paman Ho ini.
Patung Paman Ho
Taman di sekitar City hall
Gedung di sekitar City Hall
Ketemu taman lagi...
Masih di city Hall

Karena hari pertama gak sempat foto besoknya saya datang kesini lagi. Sebenarnya sih karena penasaran pengen liat patung Paman Ho yang katanya gendong anak. Udah nyari-nyari tapi tetep gak ketemu, kepikiran apa salah tempat ya.  Setelah cari sana-sini dan masih gak ketemu juga akhirnya saya tanya ke orang-orang yang pas lewat disana. Awalnya dia bingung juga sih, setelah beberapa menit mikir baru mulutnya membentuk huruf “O” bulet-bulet. Dan dijelasinlah sama orangnya kalo patung itu udah gak ada di taman ini. Dan sekarang digantikan oleh standing solonya Paman Ho aja (tanpa anak kecil). Patung yang sambil gendong anak kecil itu sudah di gudangkan dan entah apa alasannya. Hahaha puas dengan jawaban itu saya lalu meninggalkan taman ini dengan senyum-senyum masem.

4.      Ben Thanh Market
Ke Negara orang gak liat pasar tradisionalnya itu rasanya belum afdol. So, setelah puas keliling dan sebelum pulang ke penginapan kita menuju ke Ben Thanh Market. Pasar tradisional ini merupakan salah satu yang terbesar di HCHM. Kalo kemarin malam udah liat versi malamnya yang ramai, ternyata siang hari juga gak kalah ramainya. Hanya saja bedanya kalo malam pedagangnya jualan sampai keluar dijalanan, kalo malam jualannya di dalam gedungnya. Hampir semua barang ada disini termasuk makanan tradisional, souvenir dan pernak-pernik khas Vietnam. Itu sebabnya Pasar ini jadi tempat favorit belanja para turis. Mungkin karena kebnayakan orang Malaysia datang kesini, jadi mereka juga bisa bahasa Melayu.
Ben Thanh Market
Ben Thanh Market
Ditempat ini pertama kali ngalamin yang namanya nawar terus di gepukin pedagangnya. Hahah hati-hati aja kawan kalo belanja di tempat ini selain kudu pintar nawar, juga kudu pinter ngeles dari gepukan mereka. Kenapa kudu pinter nawar? Karena mereka suka ngasih harga yang gak manusiawi. Bayangin aja harganya bisa di up sampai 3 kali lipat. Misalnya ya dompet yang isi empat dihargain 200ribu VND ternyata setelah tawar-menawar yang alot bisa dapet  seharga 50ribu VND saja. Makanya nawarnya kudu pake urat segala. Kalo mereka marah-marah, balik marahin aja (pake bahasa jawa ngerti kali mereka) ujung-ujungnya pasti mereka ngasih juga kok. Kalo masih ngotot juga, tinggalin aja pasti nanti di kejar deh. Karena katanya sih menurut kepercayaan mereka kalo sampai ada customer yang meninggalkan toko tanpa beli apapun mereka bakalan sial sepanjang hari itu.
Bagian Dalam Ben Thanh Market
Selesai sudah eksplore seharinya. Nah kalo dulunya mikir buat apa ke Vietnam? Negara ini pasti lebih tertinggal dari Indonesia jadi bayanginnya kayak jaman-jaman dulu itu keliatan kumuh dan kampungan. Tapi setelah kesana paradigmanya berubah drastis dan pertanyaannya adalah “kapan ke Vietnam lagi? (hahahaa alay). Meskipun pengendara motornya ugal-ugalan terkesan sembrono. tanpa aturan dan tidak menghargai pejalan kaki (bayangin aja mereka mengendarai  motor di trotoar dengan kecepatan penuh), meskipun penjual-penjualnya cerewet dan doyan gepuk, dan meskipun rada susah untuk berkomunikasi tapi itu semua hanya sepenggal kekurangan saja namuntidak mengurangi daya tarik Negara ini. 
Salah satu taman dekat Ben Thanh Market
Bersih kan...
Motoran Trotoar boleh...
Selain karena ramah dikantong (baca: MURAH) ada banyak yang bisa dijelajahi di Negara ini. Apalagi untuk pecinta sejarah kudu datang ke Negara ini. Bangunan-bangunan tua yang terawat dan bangunan pencakar langitnya benar-benar menarik untuk dijelajahi satu per satu. Kotanya ternyata teratur dan lumayan bersih dibandingkan kota besar di Indonesia. Ada banyak taman-taman kota yang dipenuhi pepohonan rindang sehingga nyaman untuk ditempati kongkow-kongkow. Dan makanan-makananya yang memanjakan lidah (kecuali daun mint). Kesimpulannya setelah menjejakkan kaki dibeberapa tempat jika harus kesini lagi saya mau. Hahaha
Taman lagi...
Ada fasilitas olahrga gratis di tamannya

Tips:
1.      Tukar duitnya di bandara sana aja kalo bisa bawa dollar aja jangan rupiah biar nilai tukarnya lebih bagus.
2.      Cari penginapan di Distrik 1 karena dekat kemana-mana (bisa jalan kaki)
3.      Kalo nyebrang pede dan jangan ragu-ragu. Karena pengendara motor sana udah pada jago ngeles dari kita.
4.       Kalo takut kena scam mending gak usah ladeni pertanyaan-pertanyaan dari tukang ojek atau becak kalo emang gak pengen naik.
5.      Pas lagi makan jangan asal make tissue basahnya karena gak semua gratis jadi lebih aman bawa sendiri aja.
6.      Last but not least hati-hati sama barang bawaan, katanya sih banyak copet dan scam dan kejahatan lainnya (Puji Tuhan gak ngalamin yang jelek-jelek selama disana) so tetep waspada dan jaga barang bawaan.

Kapan ke Vietnam lagi??




Waktu itu singkat. Buat keseimbangan dengan liburan atau kamu akan kehilangan kesempatan menimatinya! – Anonymous-



2 comments:

  1. sippp...menarik sekali perjalanannya, tak kenal maka tak sayang ya..traveling teruss..jangan berhenti untuk melangkah nona..dunia itu kecil. hanya selebar daun kelor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp bang
      Mau jadi sponsor kan??
      Ehhh hahhaaa

      Delete

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo