CARA BUAT VISA KOREA SELATAN


Sebelumnya saya sudah menuliskan cara buat visa Jepang versi saya sendiri (baca disini). Nah sekarang saya mau share pengalaman saya mengurus visa Korea Selatan. Sebelum mengurus visa Korea Selatan ini saya sudah googling kesana kemari. Sebenarnya saya maunya mengurus visa sendiri, tapi berhubung kedutaan Korea Selatan hanya ada di Jakarta dan saya gak mungkin cuti so terpaksa saya pakai agen.

Setelah telpon beberapa agen, kebanyakan dari mereka tidak berani (tidak mau) mengurus jika dana di rekening kita dibawah 30 juta. Wow dana yang lumayan besar untuk backpackeran seperti saya. Padahal di web kedutaan Korea Selatan sendiri tidak mempersyaratkan minimum dana segitu. Setelah telpon sana-sini akhirnya saya memilih Dwidaya Tour & Travel. Alasan saya memilih travel ini karena mereka memberikan harga paling murah yaitu hanya 670ribu saja dan tidak memaksakan harus dengan minimal dana tertentu.

Setelah memperoleh informasi dari Dwidaya Tour saya langsung menyiapkan berkas untuk mengurus visa. Dokumen yang wajib ada untuk bisa mengurus visa Korea Selatan bisa dilihat di web (klik disini). Karena saya butuhnya hanya untuk liburan jadi saya melihat persyaratan untuk Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9).

1.      Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi).
Paspor saya fotokopi dari halaman paling depan sampai halaman terakhir yang ada stempel dari negara lain. Dan paspor asli juga saya lampirkan.
2.    Formulir Aplikasi Visa bisa download disini  (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
Formulirnya menggunakan tulisan Korea tapi tenang saja ada terjemahan bahasa Inggrisnya. Kemudian harus ditempeli foto berwarna ukuran 35mm x 45mm dengan latar belakang putih.
3.     Kartu K eluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
Karena saya berangkat sendiri saja maka saya cukup melampirkan fotokopi Kartu Keluarga
4.      Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
Karena saya seorang karyawan jadi saya hanya melampirkan surat keterangan kerja yang isinya menyatakan kalo saya berangkat dengan biaya sendiri dan perusahaan menjamin bahwa saya akan pulang ke Indonesia setelah liburan saya selesai. Diketik dalam bahasa Inggris.
5.      Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
6.      Fotokopi Bukti Keuangan:
a.       Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) 
b.       Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank 
Untuk SPT saya tinggal fotokopi SPT yang selalu dikasih dari perusahaan tiap tahun yang didalamnya terdapat angka-angka penghasilan saya selama setahun. Jika tidak ada SPT tinggal mencantumkan surat pernyataan dan alasan kenapa kita tidak bisa melampirkan SPT. Selain itu saya juga melampirkan referensi bank dan rekening koran dengan saldo seadanya. Waktu itu saya habis gajian jadi lumayan menolong dengan gaji sebulan. Seharusnya perhitungannya kalo kata orang-orang 1.5juta kali lama hari liburan.

Catatan Tambahan:
ü  Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa.
ü  Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua.
ü  Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga.
ü  Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan).
ü  Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consulat maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

Yang diatas itu merupakan dokumen wajib yang tidak boleh tidak ada. Sebagai dokumen tambahan saya juga melampirkan bukti bookingan tiket pp dari Surabaya ke Seoul, bukti booking hotel selama disana dan itinerary selama liburan. Tujuannya untuk semakin meyakinkan pihak kedutaan bahwa tujuan saya kesana benar-benar hanya untuk liburan bukan untuk mencari pekerjaan.

Setelah semua berkas selesai saya lalu mengirimkan dokumen saya ke Dwidaya Tour & Travel yang beralamat di:
Jl. Raya Darmo 54-56
Ruko Darmo Square Blok B-19, Surabaya
Telpon: 031-5679938

Saat itu  kebetulan yang menerima dan mengurus visa saya dengan Mba Naning yang baik dan ramah banget. Setelah berkas diterima saya diberi bukti tanda terima sebagai jaminan selama visa saya dalam proses. Waktu tunggu kurang lebih selama 10 hari. Tapi waktu itu visa saya baru datang di hari ke 12. Karena saya tidak bisa ngambil sendiri kepentok jam kerja jadinya saya titip supir kantor untuk ngambilin. Pas datang paspor saya sudah ketambahan visa Korea Selatan dengan masa berlaku 3 bulan dan ijin tinggal selama 30 hari. Yeayy Thanks God, another dream will come true. Anyway dari Dwidaya Tour juga ngasih cashing buat paspor, lumayan juga meskipun warnanya mentereng gitu.


Mau tau kisah perjalanan saya selama di Korea? Tunggu tulisan selanjutnya. 

6 comments:

  1. Kurre kakak Elling... Infonya lengkappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama cantik...
      Hehe ayok segerakan kesana.
      Oppa oppanya sudah nunggu.

      Delete
    2. Memang sudah di negara mana saja kak?

      Delete
  2. Kak kan aku lokasi di Malang ni, kalo misalnya mau pake jasa dwidaya tour di sby trs aku kirim passport asli pake jne gitu aman ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak di rekomendasikan sih. Karena paspor itu dokumen yang sangat penting takutnya kalo ada apa2 terus hilang nanti repot. Tp kalo gk ada pilihan ya mungkin bsa di coba tapi tdk di rekomendasikan.

      Delete
  3. Msksh infonya detail. Sy 2x urus via agent di jkt dan 1x via agent perjalanan dr sby.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo