Eksplore Gresik - Part II : Bukit Kapur Sekapuk


Dari Bukit Jamur menuju ke Bukit Kapur Sekapuk hanya butuh waktu sekitar 15 – 20 menit atau sekitar 15 km.  Tinggal lurus aja mengikuti arah menuju Pantai Delegan sampai menemukan pertigaan, di sebelah kanan ada pasar dengan gapura desa Sekapuk. Masuk terus ke gapura tersebut sampai terlihat Bukit Kapur di sebelah kiri jalan. Saat kami kesana jalan menuju area Bukit Kapur dipalang dengan besi. Setelah minta ijin ke warga di sana kami pun masuk ke area tersebut dengan merunduk.


Berada di tempat ini rasanya hampir mirip dengan tambang kapur di bukit Jeddih, Madura karena warna dasar dari kapurnya juga berwarna putih. Yang tampak berbeda adalah bekas tambang kapur yang berbentuk balok-balok besar yang menjadi khas tempat ini. Saat kami kesana bukit kapur ini tampak sepi lengang tak ada orang atau kendaraan yang berlalu lalang kecuali kami. Mungkin karena hari Minggu jadi semua aktivitas libur. Selain itu tempat ini cukup adem dari pada bukit kapur yang lain, terutama suhunya beda jauh dengan Bukit Jamur.


Penampakan Goa bekas tambang dari luar
Di dalam goa bekas tambang




Bagian pertama yang kami eksplore ada bagian  dari sisi kanan dari bukit ini. Di sana terdapat semacam goa dengan dinding yang berbentuk potongan balok-balok. Dari luar goa tersebut tampak gelap menyeramkan, namun saat masuk lebih dalam ternyata tak segelap dari luar karena masih ada cahaya yang menembus ke dalam. Dari bagian atas terdengar bunyi seperti dinding yang di palu, mungkin ada seorang penambang yang sedang bekerja namun tak tampak oleh kami. Saat melihat di sekeliling dinding, tampak ada begitu banyak coret-coretan, entah pengunjung yang mencorat-coret atau para penambang di sana karena di bagian langit-langit juga ada.


Selesai di bagian kanan kami beranjak menuju sisi kiri dari tambang ini. Sebenarnya bagian kiri dari bukit kapur ini lebih bagus karena bekas tambangnya lebih halus, berwarna putih dan bentuk balok-baloknya lebih jelas. Sayang saya tidak bisa mendekat ke tempat tersebut karena teman-teman yang lain sudah kecapekan dan ingin cepat-cepat pulang jadi tidak ada gambar yang bisa saya ambil dengan baik. (hikssss rada sedih sih). Dengan kesepakatan bersama kami pun akhirnya langsung balik ke Surabaya. Mungkin jika ada kesempatan lain, saya akan mendatangi tempat ini sekali lagi.


(24 Mei 2015)


QUOTES:
BERGAULAH DENGAN SEMUA ORANG KARENA DALAM PERGAULANMU TERDAPAT 2 HAL
REJEKIMU DAN JODOHMU

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo