Backpacker ke Korea Selatan – Part 1

Touch Down Korea

Hay gaes setelah menulis pengalaman saya mendapatkan visa Korea Selatan yang notabene posisi diluar kota (Surabaya) dan gak bisa cuti buat ke Jakarta langsung (baca disini), so mulai sekarang saya akan memposting satu persatu pengalaman saya selama 8 hari di Korea Selatan.
Secara garis besar ada 3 tempat yang kami datangi yaitu Gyeongju, Busan, dan Seoul. Kenapa saya menulis kata “kami”? Yup karena trip kali ini saya gak sendiri lagi tapi serombongan bertuju (Rani, Zerlita, Mia, Anty, Tina, Uci, dan Saya) yang share-cost dan di lead oleh Teh Rani, sesepuh Backpacker Internasional yang udah melanglang buana keberbagai Negara, tepatnya dia menghabiskan waktu 333 hari mengelilingi 22 negara. Pertama kali kenal hanya dari facebook aja dan benar-benar terinspirasi oleh kisahnya dan  berharap nantinya bisa kayak dia so kudu ngambil kesempatan untuk bisa trip bareng dan mendengarkan kisahnya selama setahun keliling dunia.

Karena saya sendirian dari Surabaya so saya nyampai duluan di KL dan menunggu yang lain landing baru kita ke hotel, karena menginap semalam di Kuala Lumpur. Sebenarnya gak worthed juga sih karena yang kloter Jakarta baru sampai di KL tengah malam jadi kita di hotel hanya 3 jam saja. Tapi berhubung hotel sudah di pesan daripada mubasir ya lebih baik dimanfaatkan. Oh iya kita nginapnya di Orange hotel, ini hotel baru di daerah KL jadi pas kita masuk tuh masih bau cat banget dan masih dalam proses pembangunan.
Orange Hotel (Doc. Google)
Esoknya tanggal 29 jam 5 pagi kami udah balik ke bandara lagi karena penerbangan ke Seoul jam 8 pagi dan masih harus ngurus berbagai macam hal. Penerbangan dari KL ke Seoul memakan waktu sekitar 6 jam. Jadi bisa bayangin gimana bosannya duduk selama itu. Beruntung saya membawa buku bacaan “The Naked Traveler” kenang-kenangan dari Bu Amel manager QC di ex-tempat kerja saya jadi lumayan untuk mengobati rasa bosan dan tambah bikin pengen keliling dunia baca tulisan Mbak Trinity.
Trims bu Amel buat hadiah bukunya ^_^
Selain itu, karena trip kali ini rame jadi masih bisa ngobrol dengan teman yang lain. Beda cerita waktu saya ke Jepang seorang diri di pesawat gak bisa ngapa-ngapain selain tidur dan ngomong sama diri sendiri. Nah berhubung saya duduk sebelahan sama Mbak Zerlita dan Mbak Mia jadi banyak ngobrolnya sama mereka. Pas di pesawatlah saya baru tahu kalo ternyata teman-teman trip saya kali ini ajumma-ajumma gehol, alias ibu-ibu gaul karena udah pada berkeluarga dan punya anak. Emejing ya… Jadi pengen kayak mereka juga nanti, meskipun udah nikah tetap bisa traveling semoga dapat suami baik hati aja (Aminn yang kenceng) ^_^
Incheon Airport
Jam 4 kurang akhirnya kami landing juga di Incheon International Airport, thanks God for safe landing. Masih amaze aja gak nyangka kaki ini bener-bener udah menjejak di negeri Gingseng ini. Gak heran dong kalo akhirnya langsung pota-poto dibandara dengan latar belakang tulisan korea. Nah berhubung yang trip kali ini bukan hanya saya saja yang narsis, tapi ajumma2 juga pada suka poto jadilah kita tambah heboh jepret sana sini.

Kesan pertama pas sampai ternyata toiletnya kurang bersih dibandingkan Jepang. DI antiran imigrasi yang cukup rame hari itu juga tidak serapi dan seteratur orang Jepang, hampir mirip-mirip INdonesialah kalo antri. Maaf selama menuliskan tulisan ini saya akan selalu compare dengan Jepang karena dulunya di bayangan saya Jepang dan Korea tidak terlalu beda dan tidak terlalu jauh jadi seharusnya hampir miriplah, tapi setelah trip ini saya menemukan banyak banget perbedaan. Mau tau apa aja? Baca terus aja setiap sesinya.
Device Olleh Wifi
Setelah keluar dari bandara kita mampir di tempat persewaan modem wifi karena kita rame-rame jadi urunan untuk sewa wifi per orang bayar sekitar 13.200 won selama 9 hari. Device wifi yang kami gunakan adalah Olleh Wifi.  Tapi gak enaknya kalo pakai wifi ini karena ternyata kapasitasnya hanya cukup untuk 5 device, terpaksa kudu gantian pakainya karena kami ber-7. Nah saran saya mungkin lebih enak pakai paketan XL dari Indonesia aja apalagi kalo sendirian. Wifi beres lanjut beli kartu transportasi atau bisa disebut T-money Cards. Enaknya pakai kartu ini karena lebih praktis tinggal tap aja dan kita tidak perlu susah-susah nyari duit cash tiap kali naik transportasi. Selain itu konon katanya lebih murah 100 won dibandingkan kalo kita bayar cash (gak pernah ngitung dan merhatiin).

Selesai dengan masalah internet kami lalu lanjut ke mesin untuk mengisi T-money cards yang tadi udah di beli. Disini Teh Rani yang udah berpengalaman mengajari kami satu per satu gimana cara mengisi kartu. Tenang aja gak akan terlalu sulit seperti yang di bayangkan karena ada tulisan dalam bahasa Inggris (kalo sempat saya akan tulis gimana cara mengisi T-money). Sesudah mengisi kartu kami lalu menuju ke stasiun Airport Railroad Express yang mengantar kami menuju ke stasiun bus karena hari ini kami akan langsung menuju ke Gyeongju.
Airport Railroad Express
Nah dari bandara ini sebenarnya ada 2 alternatif transportasi yang bisa digunakan selain Airport Railroad Express. Ada bus bandara yang langsung menuju ke city center Seoul. Untuk bus standar harganya hanya sekitar 10ribu won, kalo mau yang agak mewah pakai bus deluxe sekitar 16ribu won. Yang kedua pakai taxi yang tentunya lebih mahal tapi lebih nyaman juga karena diantar sampai tujuan. Terserah kalian mau memilih yang mana.

Sesampai di Stasiun Bus kami hanya punya beberapa menit beli camilan untuk mengisi perut yang lapar karena bus menuju gyeongju akan segera berangkat. Terpaksa planning awal yang mau makan dulu dibatalkan dan hanya berbekal onigiri atau kalo orang Korea bilang “jumeok bap”. Nasi dengan berbagai jenis isi yang dibungkus rumput laut dan dibentuk segitiga. Selama di Korea saya lebih banyak makan ini untuk menjauhkan diri dari sakit maag dan kantong kering. Harganya bervariasi mulai dari 700-1200 won. Kalo mau hemat makan jumeok bap ini salah satu alternatifnya.
Stasiun Bus
Banana Milk
Setelah itu kami langsung naik ke bus yang lumayan nyaman karena kursinya cukup lebar dan bisa di setting ke posisi nyaman untuk tidur. Naik bus ini kita kudu pake seat belt juga sama kayak di pesawat. Setelah kita semua naik kita akan dihitung oleh supir bus, kalo sudah lengkap maka bus segera berangkat. Dan memang mereka selalu ontime, jam keberangkatan persis seperti yang tercatat di karcis bus. Jadi buat teman-teman yang akan naik bus dan membeli secara online jangan sampai datang terlambat kalo gak mau ditinggalkan oleh bus.

Perjalanan dari Seoul menuju ke Gyeongju butuh waktu sekitar 5 jam jadi waktu ini kami manfaatkan untuk tidur. Tapi tenang aja di tengah jalan kita akan berhenti satu kali di sebuah rest area yaitu Susan Service Area, nah buat kalian yang beseran kayak saya, Susan ini tempat yang tepat untuk segera ke toilet supaya tidak tersiksa menahan pipis. Selain itu disini juga ada banyak camilan yang dijual kalo siang hari, kalo malam hari ada convenience store yang menjual makan dan camilan juga.  Tapi ingat don’t take time too much ya, kalo gak kalian bakalan dipelototoin sama penumpang lain karena menunggu. Jadi ceritanya waktu itu Mbak Mia minta anter pipisnya telat dan belum lagi nyasar pas ke toilet, walhasil kami berdua balik ke bus agak telat dan dipelototin cewek cantik yang gak terlalu sabar. Dan ternyata di supir pun sudah bolak-balik menghitung penumpnag gara-gara kekurangan kami berdua. Setelah kami duduk, bus langsung berangkat menuju ke Gyeongju. Kami pun melanjutkan tidur kami.
Bus ke Gyeongju

Susan Service Area
Serasa baru tidur beberapa menit eh si teteah Rani udah bangunin kita karena kita udah sampai. Turun dari bus brrrrr udara dingin langsung menyergap badan. Saya yang salah kostum pun langsung menggigil. Ya, saltum karena saya pikir ini sudah spring jadi seharusnya tidak sedingin winter di Jepang, tapi ternyata suhunya sama dengan suhu winter di Jepang sekitar 8 derajat. Yang lain pada pakai longjohn, tinggallah saya yang hanya memakai baju alakadarnya. So, buat teman-teman kalo berangkat dibulan yang sama dengan saya, sebaiknya jaga-jaga tetap bawa longjohn. Lebih baik nyesal bawa daripada nyesal gak bawa. Hahaha

Nah karena kami sampainya tengah malam jadi kita gak ada pilihan lain selain pakai taxi untuk menuju ke hostel Santa Guest House (review menyusul) yang udah di booking. Saat nego sama si supir taxi, eh si supir kagak ngerti alamat yang kita maksud karena gak bisa bahasa Inggris. Setelah ngobrol panjang dan ditunjukkan print alamat hostel kita akhirnya dia suru naik juga. Nah pas diatas ini si supir yang gak ramah blass ngoceh-ngoceh gak karuan dalam bahasa Korea sana, untung aja kita gak ngerti jadi kita biarin aja dia ngoceh. Kayaknya dia ngoceh gara-gara kita kelamaan tutup pintu, entahlah.

Sesampainya di daerah yang ditunjukkan GPS kita gak tahu lagi yang mana hostelnya. Karena sudah mencari sekeliling tapi tidak ada tulisan Hostel Santa Guest House. Karena gak yakin kita duduk aja di taxi menunggu Teh Rani dating, tapi karena kelamaan si supir pun ngoceh-ngoceh gak ramah lagi sepertinya udah ngusir kita. Tapi karena di luar dingin kita tetep ngotot nunggu di taxi. Gak lama Teh Rani akhirnya datang dan sempat kebingungan juga nyari hostelnya. Ternyata tulisan Santa Guest Housenya nyempil di dalam lorong deket tangga, pantes aja gak keliatan. Setelah membayar taxi kami buru-buru mengangkat koper dan menaiki tangga satu per satu menuju ke lantai 3.
Santa Guest House
Saat kami datang, kami disambut oleh oppa yang baik hati, we call him oppa Santa karena kita gak tahu nama asli dia sapa. Setelah salaman dan dikasih tau tata aturan di hostel itu, kita lalu ditinggal, karena dia emang gak tinggal di tempat itu. Pertama kali masuk di hostel ini ada perasaan aman, ya iyalah secara udah gak kena udara dingin jadi aman untuk tubuh. Langsung nyari air panas untuk diminum mengusir angin jahat yang sempat masuk ke tubuh. Yang lain pada beres-beres dan mandi, saya langsung cuz bobok (kayaknya masih pantas menyandang ratu tidur). Karena tempat ini memiliki penghangat jadi terasa nyaman banget dan hanya beberapa menit saja sudah langsung lelap ketiduran. Terasa sangat nyaman sembunyi dibalik selimut yang hangat ini.

Gimana kisah perjalanan saya keesokan harinya? Semoga masih penasaran ya.. oke lanjut di part selanjutnya ya biar gak terlalu panjang.

Tips Hari Ini:

• Karena flight lama jangan lupa bawa sesuatu yang bisa mengusir rasa bosan selama di pesawat, boleh bawa buku, bawa camilan sekontainer, download musik dan movie sebelum flight buat stock,  bawa bantal kalo mau tidur selama 6 jam atau liat-liat foto mantan boleh juga, ehhh.
  • Kalo trip sendiri atau lebih dari 5 mending beli paketan Internasional dari Indonesia (rekomended kartu XL), tapi kalo hanya berlima boleh juga sewa wifi di airport biar lebih hemat karena bisa patungan.
  • Beli kartu transportasi seperti T-money biar praktis kalo naik-turun transportasi, dan bisa berhemat sampe 100 won. Kartu ini bisa digunakan untuk naik kereta bandara, subway, bus kota dan beberapa bus antar kota, bahkan bisa dipakai belanja di 7eleven dan minimarket lain.
  • Colokan di Korea sama aja kayak di Indonesia bulet, jadi gak perlu bingung bawa adaptor Internasional.
  • Kebanyakan orang sana gak tahu bahasa Inggris jadi sebaiknya siapkan gambar atau alamat lengkap dari alamat yang akan di cari, kalo mau praktis bisa pake aplikasi penerjemah ke bahasa Korea salah satu aplikasi yaitu Papago.

If you think you know everything, go to the road and travel around. You will always find new thing you didn't know!!

1. Bagus kak, sangat membantu ! :D

1. Hai Yuli Wati thanks udah mampir ya
      salam kenal

2. HORAS … !!! JOM KE MEDAN … !!! JOM KE DANAU TOBA … !!!
    SALAM KENAL TUAN AND PUAN . MINTA IZIN NAK IKUT PROMOTE KAT BLOG TUAN / PUAN

PERKENALALKAN KAMI DARI AGENCY PELANCONGAN TIARA TOURS INDONESIA. KAMI ADALAH AGENCY PELANCONGAN YANG BER LICENSED DAN PROFESSIONAL. KAMI MENAWARKAN PAKEJ – PAKEJ MELAWAT MURAH KE MEDAN, DANAU TOBA, BERASTAGI DAN TEMPAT – TEMPAT SHOPPING MURAH DI BANDAR MEDAN, DAN PAKEJ LAWATAN LAINNYA KE PADANG, BUKIT TINGGI, BANDA ACEH, PULAU SABANG, JAKARTA , BANDUNG, JOGYAKARTA , BALI, LOMBOK, MAKASAR, BUNAKEN, MENADO, TORAJA.

PAKEJ KAMI DESIGN SANGAT MENARIK, HEMAT DENGAN LAYANAN BEST, PASAL PERHIKMATAN KAMI DISOKONG BEBERAPA UNIT KERETA BARU DAN BUS PERSIARAN.

DISINI KAMI BAGIKAN PAKEJ MELAWAT KE MEDAN DAN KE DANAU TOBA, PROGRAM 04 HARI / 03 MALAM ( FULL SERVICE ) TAK ADA EXTRA BAYAR.
    TAK ADA TIPU – TIPU !!!
    HARGA PAKEJ HANYA 380 ( MINIMAL 10 ORANG)

ITINERAY :

DAY 1 : ARRIVAL – SIANTAR – PARAPAT
    ARRIVAL AT KUALANAMU INTERNATIONAL AIRPORT. AFTER CUSTOMS CLEARANCE, MEET OUR TOUR GUIDE/DRIVER WHO WILL TAKE YOU TO START THE TOURS BY USING TOURIST COACH OR VAN. TRANSFER TO THE RESTAURANT FOR YOUR LUNCH. DEPART TO PARAPAT ALONG THE ROAD WHICH OFFERS THE ENDLESS VIEW OF RUBBER AND OIL PALMS PLANTATIONS THROUGH THE JOURNEY. STOP SHOULD BE MADE AT PEMATANG SIANTAR FOR SHOPPING OF LOCAL PRODUCT SUCH AS KACANG TUMBUK “TING TING, TENG TENG”, OTHER SNACKS ETC. ARRIVED IN PARAPAT THEN CHECK IN TO HOTEL. THE REST OF THE DAY IS FREE ON YOUR OWN LEISURE. DINNER WILL AT RESTAURANT

DAY 2 : SAMOSIR ISLAND – BERASTAGI
    BREAKFAST AT HOTEL. BY BOAT / FERRY VISIT TOMOK VILLAGE, TO SEE THE TOMBS OF THE KING OMPU SIDABUTAR & SHOPPING PLACE. AMBARITA VILLAGE, TO SEE THE TRADITIONAL BATAK VILLAGE WITH ANCIENT MEGALITHIC FURNITURES. RETURN TO PARAPAT FOR LUNCH AT LOCAL RESTAURANT. AFTERWARDS PROCEED TO BERASTAGI–A MOUNTAINS RESORT WITH IT’S REFRESHING WEATHER AND MAGNIFICENT MOUNTAINS SCENERY WHICH HAS AN ABUNDANCE OF FLOWERS, VEGETABLES AND FRUITS. EN-ROUTE STOPS AT PANORAMA SIMARJARUNJUNG , SIPISO-PISO WATERFALL. ARRIVED IN BRASTAGI THEN TO VISIT THE CENTRAL FRUITS MARKET (SHOPPING PLACE). AFTERNOON CHECK IN TO HOTEL. DINNER WIL BE SERVED IN RESTAURANT.

DAY 3 : BERASTAGI – MEDAN
    AFTER BREAKFAST. PROCEED FOR TWO HOURS DOWN THE HILL TO MEDAN. VISIT LUMBINI PARK. ARRIVAL IN MEDAN CITY SIGHT SEEING TO VISIT A SEVERAL INTEREST SUCH AS THE MAIMOON PALACE, AL-MATSHUN GRAND MOSQUE. LUNCH AT THE LOCAL RESTAURANT, AND THEN PROCEED TO THE SHOPPING AREAS AS FOLLOW DANAR HADI BATIK EMPERIUM AND OTHERS WHOLE BATIK SELLERS IN MEDAN, INCLUDING TO PASAR IKAN MARKET AND MALLS. CHECK IN TO HOTEL FOR ACCOMMODATION. DINNER AT RESTAURANT.

DAY 4 : HOTEL – AIRPOR
    AFTER BREAKFAST AT HOTEL. FREE PROGRAM UNTIL TIME TRANSFER TO THE AIRPORT FOR YOUR FLIGHT HOME.

SERVICES TERMASUK :

ISUZU ELF (11 ORANG ) MYR 235 / HARI
    TOYOTA HIACE (11 ORANG ) MYR 320 / HARI
    MEDIUM BUS ( 27 ORANG ) MYR 500 / HARI

NOTE :
    HARGA SEWA KERETA SUDAH TERMASUK : DRIVER AND PATROL

3. Btw makasih banget, infonya bermanfaat buat jadi referensiku karena tahun depan mau ke Korea juga...