Chao Praya, Grand Palace, Wat Pho, Asiatique : Bangkok Hari 2




Kalo hari-1 waktu abis buat ngulilingin shopping area, hari kedua ini diabisin blusukan ke objek wisata sekitar Chao Praya River yang terkenal di Bangkok. Cara ketempat ini kurang hapal sih, tapi yang pasti kita harus menuju ke BTS Saphan Taksin, so darimana pun keberangkatan kalian ingat untuk menuju ke Saphan Taksin.  Nanti akan keliatan sungai yang dipenuhi oleh perahu. Nah pas nyampe sini kudu jeli memilih perahu. Karena beda bendera akan beda harganya.
Untuk bendera biru kudu merogoh kocek 40Bath karena hanya berhenti di spot-spot turis aja, sedangkan bendera orange hanya 15Bath saja. Kami memilih naik yang orange, toh yang penting sampai kan. Bayarnya nanti setelah di atas perahu, akan ada ibu-ibu yang membawa dompet dari kaleng yang menagih ongkos kita.

Kapal Khusus
Suasana Di Atas Kapal

Ibu dengan dompet khasnya

Sebenarnya sungai Chao Praya ini airnya gak jernih, sama keruhnya kayak kebanyakan sungai di Indonesia. Tapi yang membedakannya yaitu sungainya bersih dan tidak berbau jadi tetap nyaman dilewati. Karena memang menjadi salah satu jalur transportasi yang banyak digunakan, gak heran kalo ada begitu banya perahu yang lalu lalang. Disepanjang pesisir sungai tampak bangunan-bangunan tinggi dan beberapa perkantoran. 

Bangunan sekitar Chao Praya
Jembatan di atas Chao Praya

1.    Grand Palace
Tempat pertama yang dituju adalah Grand Palace yang luasnya gak main-main ±218.000 meter persegi dan berisi begitu banyak candi dan museum. Kalo ketempat ini kita harus turun N9. Dari dermaga ini tinggal jalan sedikit aja melewati pasar menuju ke Grand Palace. Untuk masuk ketempat ini harus pakai pakaian yang sopan, jadi jangan gunakan celana pendek, rok pendek, baju lengan pendek (seketek), pokoknya semua yang pendek gak boleh. Kalo pun lupa, tenang aja masih bisa masuk kok dengan syarat menyewa kain untuk menutupi yang terbuka-buka.

Grand Palace dari luar

Grand Palace dari luar

Pengunjungnya bejibun bokk....

Di dalam juga ruamee pake banget!

Waktu kami tiba tempat ini sudah dipenuhi oleh bejibun orang dari berbagai Negara. Kebanyakan mereka menggunakan tour jadi bergerombolan gitu, karena rada bingung tempat beli tiketnya dimana jadi kami ngikutin kemana orang-orang berjalan. Untuk masuk ketempat ini kudu ngeluarin duit 500Bath bonus masuk ke Vimanmek Mansion dan Abishek Dusit Throne Hall. Lumayan sih harganya tapi gak bakalan rugi kok bayar segitu. Sebenarnya memang lebih enak pake tour karena akan dijelaskan arti-arti dari bangunan yang ada tapi sebagai gantinya harus nambah bayar lagi. Selain itu tempat ini benar-benar luas pake puuolll jadi kalo mau eksplore tempat ini dengan nyaman sebaiknya pakai alas kaki yang nyaman. Jangan coba-coba pake highheels kalo gak mau kakinya lecet.

Salah Satu Banguna di Grand Palace 
Burung Garuda
Grand Palace
Kalau ketempat ini sebaiknya datang lebih pagi jadi tidak kepanasan saat mengelilingi lokasinya. Jangan lupa pakai topi atau bawa payung untuk melindungi dari sengat matahari. Ditempat ini disedikan water tap yang bisa langsung diminum oleh pengunjung, jadi jangan lupa juga bawa botol minum karena airnya seger banget. Oh iya kalo kesini kudu hati-hati sama scam yang suka bohong kalo Grand Palace tutup dengan alasan ada acara kerajaan atau yang lainnya. Sebenarnya kita mau dialihkan ke obejk wisata yang lain menggunakan tuk-tuk mereka dengan merogoh kocek yang lumayan. 

Bersama Monk
Grand palace
Grand palace
Grand Palace
2.    Wat Pho
Karena Wat Arun lagi renovasi, jadi abis dari Grand Palace kami langsung ke Wat Pho. Jaraknya tidak terlalu jauh jadi kami memilih untuk jalan kaki, meskipun panasnya tetep gak ketulungan. Pas dijalan kami sempat dicegat sama orang sana yang nawarin paketan tour pake tuk-tuk. Setelah ngoceh ngalur ngidul, akhirnya kami gak ngambil karena kita ternyata mau diputer-puter gak jelas dengan berbagai alasan. Hampir aja kena scam. Mereka sempat ngomong kalo Wat Pho belum buka karena ada sembahyang atau apa gitu tapi ternyata pas kami kesana buka. Mereka rada marah mungkin karena udah ngoceh panjang tapi teknik marketingnya gak sampe hahaha.
 
Wat Arun lagi renovasi
Wat Pho
Stupa
Wat Pho ini merupakan kuil tertua dan terbesar di Bangkok. Untuk masuk ke Wat Pho cukup membayar tiket 100Bath saja udah dapat bonus minuman. Isinya ada banyak bangunan-bangunan berupa kuil dan stupa-stupa. Tapi yang membedakan disini ada patung Buddha Tidur yang berlapiskan emas. Kalo mau masuk liat kita kudu ngelepasin sepatu, dimasukan kedalam kantung yang sudah disediain lalu ditenteng masuk ke dalam. Patung tidurnya bener-bener gede dan kudu antri kalo mau foto-foto. Dibelakang dari Buddha Tidur ada 108 deretan mangkok dari besi, biasanya orang-orang memasukan koin kedalam mangkok itu sambil berharap doanya terkabul atau untuk memperoleh keberuntungan. Ada banyak yang melakukan ritual itu sehingga bunyi klinting-klintingnya rame banget.
Buddha Tidur
Bisa bayangin panjangnya?

Mangkuk Keberuntungan
Keluar dari gedung tempat patung Buddha Tidur, kita ngambil air dengan menukarkan tiket tadi lalu beristirahat sebentar. Karena Bubun Arie udah gak kuat jalan, so saya jalan sendirian mengelilingi sisi lain dari Wat Pho. Kalo GP rame banget, di Wat Pho ini lumayan sepi jadi sebenarnya bisa foto sesuka hati sayangnya gak ada yang fotoiin jadi hanya ngandalin tripod mini aja. Di beberapa sudut tampak patung-patung yang sedang dibersihkan dan dirawat oleh petugasnya tidak heran tempat ini sangat bersih dan patung-patungnya pun tetap mengkilap terjaga meski udah tua.
 
Patung yang mengkilap

Sisi lain Wat Pho

Sembahyang


3.    Asiatique
Dari Wat Pho ke Asiatique sebenarnya bisa naik perahu, tapi karena udah gak kuat jalan kami akhirnya naik Taxi. Kalo GP hanya sampe sore aja, Asiatique ini justru baru buka mulai jam 5 sore sampe malem, dan merupakan tempat nongkrong anak muda Bangkok.  Pas kita nyampe sudah lumayan rame. Disini banyak resto dan toko-toko yang jualan. Bahkan ada wahana bermain juga seperti bianglala yang lumayan besar. Setelah ketemu sama temen Bubun Arie yang asli orang sana, kita lalu mampir makan di salah satu restoran yang ada. Lumayan sih harganya untuk bertiga totalnya 800bath lebih. Memang kebanyakan resto disini cukup mahal makanannya.

Asiatique
Tujuan kesini sih karena pengen beli oleh-oleh disalah satu toko yang bener-bener murah menurut referensi teman-teman yang udah pernah kesana. Kere-kere gini, tetep inget beliin temen buah tangan meskipun gak seberapa. Yang jualan sebenarnya penduduk asli, tapi saking banyaknya orang Indonesia yang belanja kesana lama-lama koko2 yang jualan jadi ngerti Bahasa Indonesia sedikit-sedikit. Pas kesana pun saya ketemu beberapa anak muda dari Indonesia yang juga lagi belanja. Mereka ngomong memang toko ini yang paling murah setelah mereka mengelilingi semua tempat.

Menikmati Sunset

"Nikmat Tuhan mana yang kau dustakan

Gembok Cinta Asiatique

Kalo ke Asiatique jangan sampe ketinggalan liat Sunset ya. Sunsetnya keren banget, dari kejauhan cahayanya tampak memantul diperairan Chao Praya bikin suasana tambah romantis. Sebenarnya kalo punya waktu lebih banyak, maunya bisa mengelilingi semua sudut tempat ini. Suasananya benar-benar menyenangkan, ada banyak orang tapi tidak terlalu hiruk-pikuk. Memang cocok buat nongkrong lama. Pas mau ninggalin tempat ini hanya bisa berdoa semoga ada kesempatan lagi nongkrong cantik di tempat ini lebih lama. Pas pulang kami naik perahu lagi yang ternyata gratis, kalo berangkatnya pake perahu harusnya gratis juga. Meskipun udah malam sungai ini tetap ramai dengna perahu yang berseliweran, dikejauhan tampak kerlap-kerlip lampu dari gedung-gedung tinggi.

ONCE A YEAR GO SOMEPLACE YOU NEVER SEEN BEFORE


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

footer logo